Beranda > KOMPUTER, Matematika SMA > Membuat Grafik Fungsi dengan Ms. Excel 2007

Membuat Grafik Fungsi dengan Ms. Excel 2007

ABSTRAK

Tipe grafik fungsi, baik fungsi linier maupun fungsi kuadrat ada berbagai macam. Untuk memperkenalkan berbagai macam tipe grafik fungsi dapat menggunakan aplikasi Ms Excel. Dengan menggunakan Ms. Excel dapat menunjukkan kedudukan titik-titik pada grafik fungsi, dan dapat juga menunjukkan pengaruh koefisien pada grafik fungsi linier, serta menunjukkan pengaruh koefisien pada grafik fungsi kuadrat.

Siswa SMK tentunya tidak asing lagi dengan Ms Excel, karena merupakan salah satu materi yang wajib dipelajari pada mata pelajaran KKPI, sehingga dalam paper ini akan dibahas mengenai “Bagaimanakah memperkenalkan berbagai tipe grafik fungsi dengan menggunakan Ms Excel?”

GRAFIK FUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN MS EXCEL

  1. A. Fungsi Linier
    1. Bentuk umum fungsi linier

Suatu fungsi linier dapat dinyatakan dalam bentuk : 

Keterangan

  • koefisien dari 
  • adalah konstanta

Selain bentuk di atas, fungsi linier dapat juga dinyatakan dengan rumus: atau 

Nilai pada fungsi menentukan kemiringan atau kecondongan grafik, sedangkan nilai menentukan ordinat titik potong dengan sumbu . Koefisien kemiringan atau kecondongan grafik garis lurus disebut gradien garis lurus. (Maman Abdurahman,2007)

  1. Menggambar sketsa grafik fungsi linier

Grafik fungsi linier berupa garis lurus dan untuk menggambar grafiknya, cukup dengan menentukan dua titik yang terletak padanya kemudian dihubungkan.

  1. B. Fungsi Kuadrat

a. Fungsi kuadratempunyai pentuk umum :

  1. Notasi fungsi
  2. Rumus fungsi
  3. Persamaan grafik fungsi , masing-masing dengan

file ini dapat anda download disini

b. Menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat

Grafik setiap fungsi kuadrat adalah berbentuk parabola

Menggambarkan sketsa grafik dengan cara sebagai berikut :

  1. Jika dapat difaktorkan
    1. Menentukan titik potong grafik dengan sumbu , dengan mengambil
    2. Menentukan titik potong grafik dengan sumbu , dengan mengambil
    3. Menentukan koordinat titik balik , dengan 
  2. Jika tidak dapat difaktorkan
    1. Menentukan titik potong grafik dengan sumbu , dengan mengambil 
    2. Menentukan koordinat titik balik , dengan
    3. Menentukan titik yang lain, dengan mengambil dua harga di sebelah kanan dan kiri sumbu.(Sutama,1995

Dengan menggunakan Ms Excel dapat langsung diketahui grafik suatu

persamaan dengan hanya memasukkan nilai-nilai 

EXPERIMENT

Diberikan suatu permasalahan sebagai berikut :

  1. Gambarlah sketsa grafi
  2. Gambarlah sketsa grafik
  3. Gambarlah sketsa grafik
  4. Gambarlah sketsa grafik
  5. Gambarlah sketsa grafik
  6. Gambarlah sketsa grafik
  7. Gambarlah sketsa grafik

Penyelesaian :

Soal no 1

  • Memilih nilai sebarang yang akan dimasukkan ke dalam persamaan misalkan kita pilih
  • Untuk mengetahui nilai gunakan rumus ( x merupakan nilai pada kolom x)
  • Untuk mengetahui grafiknya tekan insert, kemudian pilih line, selanjutnya klik salah satu pilihan tipe grafik yang telah tersedia pada kolom nilai fingsi kita geser ke area kolom y saja, maka akan di dapat grafik fingsi y saja.
  • Hasil dari soal no 1.

Soal no 2

  • Memilih nilai sebarang yang akan dimasukkan ke dalam persamaan misalkan kita pilih 
  • Untuk mengetahui nilai gunakan rumus
  • Untuk mengetahui grafiknya tekan insert, kemudian pilih line, selanjutnya klik salah satu pilihan tipe grafik yang telah tersedia
  • Hasil dari soal no 2.

Soal no 3

  • Memilih nilai sebarang yang akan dimasukkan ke dalam persamaan  , misalkan kita pilih 
  • Untuk mengetahui nilai gunakan rumus
  • Untuk mengetahui grafiknya tekan insert, kemudian pilih line, selanjutnya klik salah satu pilihan tipe grafik yang telah tersedia
  • Hasil dari soal no 3.

Soal no 4

  • Memilih nilai sebarang yang akan dimasukkan ke dalam persamaan , misalkan kita pilih 
  • Untuk mengetahui nilai gunakan rumus
  • Untuk mengetahui grafiknya tekan insert, kemudian pilih line, selanjutnya klik salah satu pilihan tipe grafik yang telah tersedia
  • Hasil dari soal no 4.

Soal no 5

  • Memilih nilai sebarang yang akan dimasukkan ke dalam persamaan , misalkan kita pilih 
  • Untuk mengetahui nilai gunakan rumus
  • Untuk mengetahui grafiknya tekan insert, kemudian pilih line, selanjutnya klik salah satu pilihan tipe grafik yang telah tersedia
  • Hasil dari soal no 5.

Soal no 6

  • Memilih nilai sebarang yang akan dimasukkan ke dalam persamaan , misalkan kita pilih 
  • Untuk mengetahui nilai gunakan rumus
  • Untuk mengetahui grafiknya tekan insert, kemudian pilih line, selanjutnya klik salah satu pilihan tipe grafik yang telah tersedia
  • Hasil dari soal no 6.

Soal no 7

  • Memilih nilai sebarang yang akan dimasukkan ke dalam persamaan , misalkan kita pilih 
  • Untuk mengetahui nilai gunakan rumus
  • Untuk mengetahui grafiknya tekan insert, kemudian pilih line, selanjutnya klik salah satu pilihan tipe grafik yang telah tersedia
  • Hasil dari soal no 7.

Dengan mengamati soal nomor 1 sampai dengan 4 siswa dapat mengamati bagaimana kedukukan titik-titik pada garis . Dan mengetahui bahwa jika koefisien  bernilai positif maka garis yang terbentuk miring ke kanan dan jika koefisien  bernilai negatif maka garis yang terbentuk miring ke kiri.

Soal nomor 5 sampai dengan soal nomor 7 akan menunjukkan pada siswa bagaimana kedukukan titik-titik pada kurva  . Dari ketiga gambar yang dihasilkan siswa dengan mudah dapat menunjukkan bahwa titik puncak adalah  , titik puncak adalah  ,dan titik puncak adalah . Dari soal no 6 dan 7 siswapun dapat membedakan bahwa bila koefisien positif maka kurva akan menghadap ke atas, sedangkan bila koefisien  negatif maka kurva akan menghadap ke bawah. Dengan mengamati investigasi sifat-sifat grafik dari suatu fungsi. Misalnya dengan mengubah parameter pada persamaan siswa dapat memahami semua tipe dari kurva-kurva yang terbentuk.

CONCLUSION

Menggambar grafik fungsi kuadrat dengan menggunakan Ms Excel

ternyata cukup mudah dilakukan siswa dan efektif untuk memperkenalkan

berbagai macam grafik fungsi, baik grafik fungsi linier maupun fungsi kuadrat.

Tapi perlu diingat jika siswa melakukan kesalahan dalam memasukkan

formula/rumus maka hasil gambar grafiknya tak akan sesuai dengan yang

diinginkan. Dalam belajar matematika pengalaman siswa belajar sangatlah

penting, pengalaman tersebut akan membentuk pemahaman apabila ditunjang

dengan alat bantu belajar, agar pemahaman matematika tersebut menjadi konkrit.

Dengan demikian media pembelajaran akan berfungsi baik bila media tersebut

dapat memberikan pengalaman bermakna, mengaktifkan dan menyenangkan

siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Komputer dalam Pembelajaran Matematika

http://anrusmath.wordpress.com/2008/07/31/komputer-dalam-pembelajaranmatematika/

tanggal 21/11/2008 jam 19.37

Maman Abdurahman (2007). Memahami Matematika Untuk SMK Kelas X

Semester 1 dan 2 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian

Akuntansi. Bandung : Armico

Sutaman, Drs. (1994). Pelajaran Matematika Untuk kelas I Kelompok Bisnis dan

Manajemen Program Studi Akuntansi dan Manajemen Bisnis. Surakarta : CV Seti-

Aji

  1. 31/01/2011 pukul 1:28 pm

    Sar, ni tugas artikel na pak wena ya???

    • 03/02/2011 pukul 2:06 am

      bener vix, ni dah yg aku pake tugas!!!!

  2. 02/02/2011 pukul 12:51 pm

    Makasih nih caranya bermanfaat sekali😀
    SAlam Kenal🙂

    • 03/02/2011 pukul 2:09 am

      salam kenal jg mas devo. mari share kalo hal baru yg bermanfaat untuk perkembangan pendidikn mas, walaupun itu hanya hal kecil…. terima kasih!!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: