Beranda > Artikel, KOMPUTER, Program aplikasi pendidikan > MEMBUAT MEDIA BELAJAR BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

MEMBUAT MEDIA BELAJAR BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

MEMBUAT MEDIA BELAJAR BANGUN RUANG

MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

I WAYAN SARDIKA

NPM : 1279

 

UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

KAMPUS 3 BANGLI

ABSTRACK

Matematika adalah merupakan ilmu yang sebagian besar teorinya bersifat abstrak. Ini akan sangat menyulitakan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menegah. Sebagai pemecahanya diperlukan media pembelajaran dalam setiap pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat, yaitu media pembelajaran harus meningkatkan motivasi siswa, harus merangsang siswa mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar. Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran juga cocok untuk pembelajaran matematika terutama untuk materi yang memerlukan animasi, visualisasi, dan warna. Dengan tujuan membuat siswa aktif mengamati sambil mendengarkan, mencoba, dan mempraktekan, sedangkan guru secara aktif membimbing siswa agar tidak mengalami kesulitan belajar. Program komputer yang dibutuhkan untuk pengembangan daya pikir siswa adalah program yang sangat efektif, efisien dan familier terhadap pemakai program (user). Misalnya membuat media belajar geometri yaitu menghitung volume dan luas permukaan bangun ruang. Program ini dapat dibuat dengan menggunakan Visual Basic 6.0 karena media belajar ini menggunakan bahasa pemrograman. Visual Basic 6.0 sendiri merupakan program komputer yang dikembangkan dari bahasa pemrograman BASIC (Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code. Pembuatan program aplikasi ini pada umumnya terdiri dari beberapa langkah yaitu mendesain tampilan program, penggabungan form-form, serta membuat aplikasi EXE. Media pembelajaran geometri ini terdiri dari beberapa form yang digabungkan menjadi satu. Dalam setiap form pengguna dihadapkan pada soal yang berisi materi dan latihan soal volume dan luas suatu bangun ruang. Untuk menjalankan hasil keseluruhan program ini telah disediakan tombol-tombol yang disertai dengan nama berdasarkan fungsinya, selain itu untuk mempermudah dalam mengoperasikanya. Disamping untuk mempermudah dalam pengoperasiannya, kelengkapan menu dalam sebuah desain pembelajaran adalah untuk menjadikan sebuah media pembelajaran yang interaktif dan  komunikatif.


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.       LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam kurikulum nasional matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuannya untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif.
Matematika kususnya materi geometri merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak. Dilain pihak selama ini media pembelajaran yang dipakai adalah alat peraga yang terbuat dari tripleks, kayu, atau kawat. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi, media pembelajaran tersebut kurang menarik perhatian dan minat siswa.

Karena itu guru dituntut untuk dapat mengupayakan media pembelajaran yang tepat sedemikian sehingga sifat abstrak dalam matematika dapat dipersempit dan lebih dapat menarik perhatian dan minat siswa tanpa mengurangi fungsi media pembelajaran secara umum. Pemilihan media pembelajaran matematika dengan menggunakan media komputer dikarenakan akhir-akhir ini di lingkungan akademis atau pendidikan penggunaannya bukan merupakan hal yang baru lagi.

Berdasarkan uraian di atas maka permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah “Bagaimanakah membuat media pembelajaran yang menarik menggunakan microsof Visual Basic 6.0 khususnya pada pembelajaran Bangun Ruang “.

B. TUJUAN

Dalam hal ini penulis  membuat media belajar khusunya membuat materi dan  latihan soal mengenai volume dan luas pemukaan bangun ruang menggunakan microsoft Visual Basic 6.0.

C. MANFAAT

Bagi siswa diharapkan dengan adanya media belajar ini maka :

  1. Siswa diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar geometri khususnya mencari volume dan luas permukaan bangun ruang.
  2. Siswa lebih tertarik mempelajari matematika dengan melihat tampilan media belajar yang dibuat menarik.

Bagi guru diharapkan dengan adanya media belajar ini maka :

  1. Kesulitan mengajar dan meneragkan cara mencari luas dan volume bangun ruang dapat diatasi.

BAB II

LANDASAN TEORI

 

Belajar merupakan suatu proses aktif yang memungkinkan manusia untuk menemukan hal-hal baru diluar informasi yang diberikan kepada dirinya. Pengetahuan perlu dipelajari dalam tahap-tahap tertentu agar pengetahuan itu dapat diinternalisasi dalam pikiran (struktur kognitif) manusia yang mempelajarinya.(dalam Saminanto, 2010)

Bruner dalam Sutikna (2005: 16-17), menjelaskan proses internalisasi akan terjadi secara sungguh-sungguh, yang berarti proses belajar mengajar terjadi secara optimal, jika pengetahuan itu dipelajari dalam tahap-tahap;(1) Enaktif, yaitu suatu tahap pembelajaran di mana pengetahuan dipelajari secara aktif dengan menggunakan benda-benda konkret atau situasi yang nyata (sesuai dengan tahap sensori motorik dari Piaget). (2) Ikonik, yaitu suatu tahap pembelajaran di mana pengetahuan direpresentasikan dalam bentuk bayangan visual, gambar atau diagram yang menggambarkan kegiatan konkret atau situasi konkret yang terdapat pada tahap enaktif (tahap pra operasi dari Piaget). Dan (3) Simbolik, yaitu suatu tahap pembelajaran di mana pengetahuan itu direpresentasikan dalam bentuk simbol-simbol abstrak, baik symbol-simbol verbal, lambang-lambang matematika maupun lambang-lambang abstrak lainnya (serupa dengan tahap operasi konkret dan formal dari Piaget).

Jadi suatu proses belajar akan berlangsung secara optimal jika pembelajaran diawali dengan tahap enaktif, dan kemudian jika tahap belajar yang pertama ini dirasa cukup, siswa beralih ke tahap belajar yang kedua, yaitu tahap belajar dengan menggunakan modus representasi ikonik. Selanjutnya kegiatan belajar itu dilanjutkan pada tahap ketiga, yaitu tahap belajar dengan menggunakan modus representasi simbolik. Dengan demikian guru memerlukan media pembelajaran agar tahap-tahap tersebut dapat tercapai.Salah satu tugas guru adalah melakukan kegiatan agar diperoleh hasil pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang direncanakan ( Suharjono, 2010 ).

Menurut Koyo Kartasurya dalam Wijaya (1991:140) jenis media yang dapat digunakan dalam proses komunikasi pembelajaran digolongkan menjadi: (1) Media visual meliputi gambar/ tato, sketsa,diagram, charts, grafik, kartun, poster, peta dan globe, (2) Media dengar meliputi radio, tape recorder, magnetic sheet recorder, laboratorium bahasa, (3) Projected still media meliputi slide, film strip, over head projector, opaque projector, micro projector, micro film, (4) Projected motion media, meliputi film, film loop, televisi, closed circuit television (CC TV), video tape recorder, computer, program aplikasi komputer

BAB III

HASIL DAN PEMBAHASAN

Perancangan media pembelajaran dengan menggunakan Visual Basic 6.0  dimulai dengan membuat masing – masing formnya. Dalam pengerjaan media pembelajaran bangun ruang ini menggunakan banyak form atau multiform, langkah pertama adalah membuat form yang akan menjadi menu utamanya. Bukalah Visual Basic 6.0 lalu lalu pilih standar exe. Kemudian klik project-add Mdi form. Mdi form ini yang akan kita pakai sebagai form utama. Edit property pada bagian picture klik dan browse gambar yang telah dipersiapakan sesuai ukuran form, sehingga tampilanya seperti ini:

Selanjutnya setelah selesai membuat menu utama, namailah menu itu dengan nama mdi_ProgramBangunRuang. Selanjutnya pada menu di atas, klik menu project, lalu project propertis, selanjutnya di kolom startup objek pilih mdi_ProgramBangunRuang. Ini berarti form ini akan menjadi halaman awal saat program ini dijalankan.

Selanjutnya setelah mdi_ProgramBangunRuang muncul carilah menu tools. Lalu klik tool. Pada menu ini di isi dengan ketentuan :

Name Caption
File menuFile
…Pengantar Program submenuPengantar
…Exit submenuExit
Bangun Ruang menuBangunRuang
…Kubus submenuKubus
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas Permukaan Kubus
……Contoh Soal subnemuContohSoalKubus
……Latihan submenuLatihanSoalKubus
…Balok submenuBalok
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas PermukaanBalok
……Contoh Soal subnemuContohSoalBalok
……Latihan submenuLatihanSoalBalok
…Limas submenuLimas
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas Permukaan Limas
……Contoh Soal subnemuContohSoal Limas
……Latihan submenuLatihanSoal Limas
…Prisma submenuPrisma
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas PermukaanPrisma
……Contoh Soal subnemuContohSoalPrisma
……Latihan submenuLatihanSoalPrisma
…Tabung submenuTabung
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas PermukaanTabung
……Contoh Soal subnemuContohSoalTabung
……Latihan submenuLatihanSoalTabung
…Kerucut submenuKerucut
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas PermukaanKerucut
……Contoh Soal subnemuContohSoalKerucut
……Latihan submenuLatihanSoalKerucut
…Bola submenuBola
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas PermukaanBola
…..Contoh Soal subnemuContohSoalBola
……Latihan submenuLatihanSoalBola
Help nemuHelp
…Abouth subnemuAbout

seperti pada tampilan berikut:

Setelah itu kita akan menambahkan beberapa form lagi. Caranya adalah dengan mengklik menu project lalu pilih add form. Namai form tersebut masing sebagai berikut: Form_volumeluaskubus sejenis dengan Form_volumeluasbalok, Form_volumeluaslimas, Form_volumeluasprisma, Form_volumeluastabung, Form_volumeluaskerucut, Form_volumeluasbola dan  Form_contohsoalkubus sejenis dengan Form_contohsoalbalok, Form_contohsoallimas, Form_contohsoalprisma, Form_contohsoaltabung, Form_contohsoalkerucut, Form_contohsoalbola serta Form_latihanbangunkubus sejenis dengan Form_latihanbangunbalok, Form_latihanbangunlimas, Form_latihanbangunprisma, Form_latihanbanguntabung, Form_latihanbangunkerucut, Form_latihanbangunbola, Form_about, dan frm_pengantar. Selanjutnya desainlah masing masing form tersebut sehingga tampilannya menjadi seperti berikut :

name mdi_ProgramBangunRuang Form_latihanbangunkubus Form_latihanbangunbola Form_volumeluaskubus
Desain
Property form Scrollbar = false

StartUpPotition = 2. CenterScreen

Picture = ckoperproject.jpg

Height=8565

Widht =10305Borderstyle=3-Fixed Dialog

Height=8370

Widht=10680Borderstyle=3-Fixed Dialog

Height=8370

Widht=10680Borderstyle=3-Fixed Dialog

Height=8370

Widht=10680

Picture = volumeluaskubus.jpgcodeOption Explicit

Private Declare Function GetWindowLong Lib “user32″ _

Alias “GetWindowLongA” (ByVal hWnd As Long, _

ByVal nIndex As Long) As Long

Private Declare Function SetWindowLong Lib “user32″ _

Alias “SetWindowLongA” (ByVal hWnd As Long, _

ByVal nIndex As Long, ByVal dwNewLong As Long) _

As Long

Private Const WS_THICKFRAME = &H40000

Private Const GWL_STYLE = (-16)

Private Const WS_MINIMIZEBOX = &H20000

Private Const WS_MAXIMIZEBOX = &H10000

Public Sub NoMaxBox(f As MDIForm)

Dim l As Long

l = GetWindowLong(f.hWnd, GWL_STYLE)

l = l And Not (WS_MAXIMIZEBOX)

l = SetWindowLong(f.hWnd, GWL_STYLE, l)

End Sub

Public Sub NoMinBox(f As MDIForm)

Dim l As Long

l = GetWindowLong(f.hWnd, GWL_STYLE)

l = l And Not (WS_MINIMIZEBOX)

l = SetWindowLong(f.hWnd, GWL_STYLE, l)

End Sub

Private Sub MDIForm_Load()

NoMaxBox Me

Dim lStyle As Long

lStyle = GetWindowLong(Me.hWnd, GWL_STYLE)

lStyle = lStyle And Not WS_THICKFRAME

Call SetWindowLong(Me.hWnd, GWL_STYLE, lStyle)

End Sub

Private Sub nmPengantar_Click()

Unload Me

frm_pengantar.Show

End Sub

Private Sub submenuAbout_Click()

Unload Me

Form_about.Show

End Sub

Private Sub submenuContohSoalBalok_Click()

Unload Me

Form_contohsoalbalok.Show

End Sub

Private Sub submenuContohSoalBola_Click()

Unload Me

Form_contohsoalbola.Show

End Sub

Private Sub submenuContohSoalKerucut_Click()

Unload Me

Form_contohsoalkerucut.Show

End Sub

Private Sub submenuContohSoalKubus_Click()

Unload Me

Form_contohsoalkubus.Show

End Sub

Private Sub submenuContohSoalLimas_Click()

Unload Me

Form_contohsoallimas.Show

End Sub

Private Sub submenuContohSoalPrisma_Click()

Unload Me

Form_contohsoalprisma.Show

End Sub

Private Sub submenuContohSoalTabung_Click()

Unload Me

Form_contohsoaltabung.Show

End Sub

Private Sub submenuExit_Click()

Unload Me

End Sub

Private Sub submenuLatihanSoalKerucut_Click()

Unload Me

Form_latihanbangunkerucut.Show

End Sub

Private Sub submenuVolumedanLuasBalok_Click()

Unload Me

Form_volumeluasbalok.Show

End Sub

Private Sub submenuVolumedanLuasBola_Click()

Unload Me

Form_volumeluasbola.Show

End Sub

Private Sub submenuVolumedanLuasKerucut_Click()

Unload Me

Form_volumeluaskerucut.Show

End Sub

Private Sub submenuVolumedanLuasKubus_Click()

Unload Me

Form_volumeluaskubus.Show

End Sub

Private Sub submenuVolumedanLuasLimas_Click()

Unload Me

Form_volumeluaslimas.Show

End Sub

Private Sub submenuVolumedanLuasPrisma_Click()

Unload Me

Form_volumeluasprisma.Show

End Sub

Private Sub submenuVolumedanLuasTabung_Click()

Unload Me

Form_volumeluastabung.Show

End Sub

Private Sub submenuVolumeKerucut_Click()

Unload Me

Form_volumekerucut.Show

End Sub

Private Sub sunmenuLatihanSoalBalok_Click()

Unload Me

Form_latihanbangunbalok.Show

End Sub

Private Sub sunmenuLatihanSoalBola_Click()

Unload Me

Form_latihanbangunbola.Show

End Sub

Private Sub sunmenuLatihanSoalKubus_Click()

Unload Me

Form_latihanbangunkubus.Show

End Sub

Private Sub sunmenuLatihanSoalLimas_Click()

Unload Me

Form_latihanbangunlimas.Show

End Sub

Private Sub sunmenuLatihanSoalPrisma_Click()

Unload Me

Form_latihanbangunprismasegitiga.Show

End Sub

Private Sub sunmenuLatihanSoalTabung_Click()

Unload Me

Form_latihanbanguntabung.Show

End SubDim volume, luaspermukaan, jawaban_volume, jawaban_luaspermukaan, sisi As Integer

Private Sub cmd_koreksi_Click()

volume = sisi * sisi * sisi

luaspermukaan = 6 * (sisi * sisi)

jawaban_volume = Val(txt_volume.Text)

jawaban_luaspermukaan = Val(txt_luaspermukaan.Text)

If jawaban_volume = volume And jawaban_luaspermukaan = luaspermukaan Then

lbl_komentar.Caption = ” BAGUS, kedua jawaban anda BENAR”

ElseIf jawaban_volume = volume And jawaban_luaspermukaan <> luaspermukaan Then

lbl_komentar.Caption = “Jawaban anda untuk VOLUME BENAR namun LUAS PERMUKAAN SALAH”

ElseIf jawaban_volume <> volume And jawaban_luaspermukaan = luaspermukaan Then

lbl_komentar.Caption = “Jawaban anda untuk VOLUME SALAH tetapi LUAS PERMUKAAN BENAR”

Else

lbl_komentar.Caption = “COBA LAGI, Jawaban anda keduanya SALAH”

End If

If txt_volume.Text = “” Or txt_luaspermukaan.Text = “” Then

lbl_komentar.Caption = “”

MsgBox (“masukan dahulu jawaban untuk Volume dan Luas Permukaan kubus sesuai dengan soal tersebut!”)

End If

End Sub

Private Sub Cmd_soallain_Click()

Randomize

sisi = Int(Rnd * 10) + 1

lbl_soal.Caption = “Sebuah brangkas, dan brangkas tersebut berbentuk Kubus dengan Panjang rusuknya ” & sisi & ” cm. Hitunglah volume dan Luas Permukaan dari brangkas tersebut!”

txt_volume.Text = “”

txt_luaspermukaan = “”

lbl_komentar.Caption = “”

txt_volume.SetFocus

pic1.BackColor = vbBlue

‘menggambar jaring kubus’

pic1.ScaleMode = 0

pic1.ScaleLeft = -250

pic1.ScaleTop = 250

pic1.ScaleHeight = -500

pic1.ScaleWidth = 500

x = sisi * 10

xx = (60 / 100 * x)

‘x=panjang sisi pada gambar

‘panjang

pic1.Line (-x, -x)-(x, -x)

pic1.Line (-x, x)-(x, x)

pic1.Line (-x + xx, -x + xx)-(x + xx, -x + xx)

pic1.Line (-x + xx, x + xx)-(x + xx, x + xx)

‘lebar

pic1.Line (-x, -x)-(-x + xx, -x + xx)

pic1.Line (x, -x)-(x + xx, -x + xx)

pic1.Line (x, x)-(x + xx, x + xx)

pic1.Line (-x, x)-(-x + xx, x + xx)

‘tinggi

pic1.Line (-x, -x)-(-x, x)

pic1.Line (x, -x)-(x, x)

pic1.Line (-x + xx, -x + xx)-(-x + xx, x + xx)

pic1.Line (x + xx, -x + xx)-(x + xx, x + xx)

End Sub

Private Sub Cmd_info_Click()

MsgBox (“program ini merupakan sebuah program yang bertujuan membantu siswa dalam aplikasi volume dan Luas Permukaan sebuah bangun ruang Kubus. NB: volume = sisi x sisi x sisi    dan    Luas Permukaan= 6 x ( sisi x sisi ). dan semoga bermanfaat!! e-mail: dharmawangsa_dhr@yahoo.com an I Wayan Sardika”)

End Sub

Private Sub Command3_Click()

Unload Me

End Sub

Private Sub Form_Load()

Randomize

sisi = Int(Rnd * 10) + 1

lbl_soal.Caption = “Sebuah brangkas, dan brangkas tersebut berbentuk Kubus dengan Panjang srusuknya ” & sisi & ” cm. Hitunglah volume dan Luas Permukaan dari brangkas tersebut!”

pic1.BackColor = vbRed

‘menggambar jaring kubus’

pic1.ScaleMode = 0

pic1.ScaleLeft = -250

pic1.ScaleTop = 250

pic1.ScaleHeight = -500

pic1.ScaleWidth = 500

x = sisi * 10

xx = (60 / 100 * x)

‘x=panjang sisi pada gambar

‘panjang

pic1.Line (-x, -x)-(x, -x)

pic1.Line (-x, x)-(x, x)

pic1.Line (-x + xx, -x + xx)-(x + xx, -x + xx)

pic1.Line (-x + xx, x + xx)-(x + xx, x + xx)

‘lebar

pic1.Line (-x, -x)-(-x + xx, -x + xx)

pic1.Line (x, -x)-(x + xx, -x + xx)

pic1.Line (x, x)-(x + xx, x + xx)

pic1.Line (-x, x)-(-x + xx, x + xx)

‘tinggi

pic1.Line (-x, -x)-(-x, x)

pic1.Line (x, -x)-(x, x)

pic1.Line (-x + xx, -x + xx)-(-x + xx, x + xx)

pic1.Line (x + xx, -x + xx)-(x + xx, x + xx)

End SubDim volume, luaspermukaan, jawaban_volume, jawaban_luaspermukaan, jari As Double

Const phi = 3.14

Function Round(nValue As Double, nDigits As Integer) As Double

Round = Int(nValue * (10 ^ nDigits) + 0.5) / (10 ^ nDigits)

End Function

Private Sub cmd_koreksi_Click()

volume = Round(4 / 3 * phi * jari ^ 3, 2)

luaspermukaan = Round(4 * phi * jari ^ 2, 2)

jawaban_volume = Val(txt_volume.Text)

jawaban_luaspermukaan = Val(txt_luaspermukaan.Text)

If jawaban_volume = volume And jawaban_luaspermukaan = luaspermukaan Then

lbl_komentar.Caption = ” BAGUS, Jawaban Anda Keduanya BENAR”

ElseIf jawaban_volume = volume And jawaban_luaspermukaan <> luaspermukaan Then

lbl_komentar.Caption = “Jawaban anda untuk VOLUME BENAR namun LUAS PERMUKAAN SALAH”

ElseIf jawaban_volume <> volume And jawaban_luaspermukaan = luaspermukaan Then

lbl_komentar.Caption = “Jawaban anda untuk VOLUME SALAH tetapi LUAS PERMUKAAN BENAR”

Else

lbl_komentar.Caption = “COBA LAGI, Kedua Jawaban anda SALAH”

End If

If txt_volume.Text = “” Or txt_luaspermukaan.Text = “” Then

lbl_komentar.Caption = “”

MsgBox (“masukan dahulu jawaban untuk Volume dan Luas Permukaan balok sesuai dengan soal tersebut!”)

End If

End Sub

Private Sub Cmd_soallain_Click()

Randomize

jari = Int(Rnd * 10) + 1

lbl_soal.Caption = “Bola sepak milik Andi, memiliki jari-jari ” & jari & ” cm. Hitunglah volume dan Luas Permukaan dari bola tersebut!”

txt_volume.Text = “”

txt_luaspermukaan = “”

lbl_komentar.Caption = “”

txt_volume.SetFocus

pic1.BackColor = vbBlue

‘menggambar jaring bola’

pic1.ScaleMode = 0

pic1.ScaleLeft = -250

pic1.ScaleTop = 250

pic1.ScaleHeight = -500

pic1.ScaleWidth = 500

x = jari * 15

‘x=panjang pada gambar

‘y=lebar pada gambar

‘z=tinggi pada gambar

‘bola

pic1.Circle (0, 0), x

pic1.Circle (0, 0), x, , , , 1 / 2

pic1.Line (-x, 0)-(x, 0)

pic1.Line (0, -x)-(0, x)

End Sub

Private Sub Cmd_info_Click()

MsgBox (“program ini merupakan sebuah program yang bertujuan membantu siswa dalam aplikasi volume dan Luas Permukaan sebuah bangun ruang Balok. NB: volume=panjang x lebar x tinggi    dan    Luas Permukaan=2 x ( Panjang x lebar + panjang x tinggi + lebar x tinggi ). dan semoga bermanfaat!! e-mail: dharmawangsa_dhr@yahoo.com an I Wayan Sardika”)

End Sub

Private Sub Command3_Click()

Unload Me

End Sub

Private Sub Form_Load()

Randomize

jari = Int(Rnd * 10) + 1

lbl_soal.Caption = “Bola sepak milik Andi, memiliki jari-jari ” & jari & ” cm. Hitunglah volume dan Luas Permukaan dari bola tersebut!”

End SubPrivate Sub Command1_Click()

Unload Me

End Sub

Setelah masing – masing form kita ini menu, selanjutnya kita menuliskan kode programnya. Dimulai dari utama_frm, masuklah ke jendela koding lalu ketikkan kode di bawah ini di masing – masing form. Sesuaikan nama label, text box, form, picture box pada kode di atas dengan apa yang di desain pada masing masing form. Hal ini bertujuan agar program dapat di eksekusi dengan baik. Penulias hanya menampilkan 4 jenis form yang berbeda, sedangkan  form yang lain sejenis dan  tidak jauh berbeda. Sehingga hasil akhirnya seperti ini:


 

BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN

 

  1. 1.        KESIMPULAN

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pemakaian microsoft Visual Basic 6.0 sebagai sarana untuk membuat media pembelajaran luas permukaan dan volume bangun ruang cukup efektif karena cara pembuatannya relatif sederhana dan Visual Basic 6.0 menggunakan bahasa pemprograman yang sederhana pula.

  1. 2.        SARAN

Berdasarkan apa yang telah diuraikan di atas, maka penulis menyarankan :

  1. Dalam pembelajaran matematika hendaknya menggunakan media belajar berbasis TI untuk mengurangi sifat abstaksi dari pelajaran matematika itu sendiri.
  2. Guru sebagai pendidik hendaknya mengetahui atau mempelajari Visual Basic 6.0, dalam rangka pembuatan suatu media belajar karena penggunaan dan penerapannya yang penting

 


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Endah Budi,dkk.2008.Contectual Teaching & Learning Matematika SMA Kelas VIII, Pusat Perbukuan, Jakarta.

Pujiati, M,ed. Dra. 2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP, PPPG Matematika Yogyakarta

Sadeli Muhammad, 2010. Kumpulan Proyek Visual Basic 6.0 6.0, Maxikom

Supardi, Prof. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal Dan laporannya, Bumi Aksara

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: